Quotes of the Day

8 agustus 2012:

“Harta yang paling berharga bukanlah emas, permata, intan, ataupun lukisan yang indah. Karena seiring berjalannya waktu, semua itu akan memudar. Tapi teman sejati tidak akan pernah pudar untuk selamanya.” (SM)

“Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pencipta. Dia ciptakan segala sesuatu dengan sangat lengkap, tidak terkecuali manusia. Manusia diciptakan oleh-Nya dengan berbagai software yang sangat sempurna dan tidak sia-sia. Oleh karenanya manusia bisa merasakan sedih dan bahagia. tentram dan gelisah, serta tenang dan marah. Inilah yang kemudian menjadikan manusia lebih istimewa dibandingkan makhluk-makhluk lainnya.” (AA Gym)

“Sekali lagi, amanah terembankan pada pundak yang semakin lelah. Bukan sebuah keluhan, ketidakterimaan, & keputusasaan! Terlebih surut ke belakang. Ini adalah awal pembuktian, siapa diantara kita yang beriman. Wahai diri, sambutlah seruan-Nya. Orang-orang besar lahir karena perjuangan, bukan menghindar dari Peperangan.” (Ust. Rahmat Abdullah)

9 Agustus 2012:

“Akan ada suatu kondisi dimana kita sudah melaksanakan amal-amal kebaikan, baik itu amal wajib maupun sunnah, ternyata Allah SWT belum menjawab doa-doa kita. Terkadang kita mulai melakukan protes ke Allah, kenapa keadaan kita belum berubah juga. Salah satu tips agar rasa protes itu tidak keluar dari mulut kita adalah Nikmatilah kebersamaan kita dengan Allah pada setiap amal kebaikan yang kita lakukan. Karena pada saat itu, syaitan juga sedang berusaha mengobok-obok hati kita agar kita melayangkan protes kepada Allah SWT.” (SM)

“Kalo kata Bimbo dalam lagunya,
hati adalah cermin
tempat pahala dan dosa bertaruh
Tapi sebenarnya, saat kita akan melakukan dosa,
saat itu pula
hati kita sedang berbicara,
bahwa dia menolak perbuatan itu.” (SM)

“Hati yang bersih itu ibarat sebuah gelas bening dan bersih yang berisikan air jernih. Sedangkan hati yang kotor ibarat gelas yang berisikan tinta hitam. Dilihat dari sisi manapun, bagian gelas yang bening akan tertutupi oleh warna gelapnya tinta.” (SM)

12 September 2012:

“Cukuplah seseorang dikatakan berdusta jika dia menceritakan setiap apa yang dia dengar.” (HR Muslim)

13 September 2012:

“Tunaikanlah amanah kepada yang telah mempercayaimu dan janganlah engkau berkhianat kepada yang khianat kepadamu.” (HR Abu Daud)

14 September 2012:

“Hati-hatilah kalian dengan perkataan yang dusta, karena perkataan yang dusta akan menuntun pelakunya kepada perbuatan fajir. Dan sesungguhnya perbuatan yang fajir akan menuntun pelakuya kepada api neraka.” (HR Muslim)

17 September 2012:

“Demi Allah, tidaklah seseorang beriman. Demi Allah, tidaklah seseorang beriman. Demi Allah, tidaklah seseorang beriman. Yaitu seseorang yang mana tetangganya tidak merasa aman dengan segala keburukannya.” (HR Bukhari)

25 September 2012:
“Tidaklah sesat suatu kaum setelah mereka mendapatkan hidayah, melainkan karena terlalu banyak berdebat.” (HR Ahmad dan Tirmidzi)

02 Oktober 2012:

“Jauhilah kesombongan, karena sesungguhnya kesombongan adalah dosa yang pertama yang membuat makhluk bermaksiat kepada Allah.” (Aun bin Abdullah)

03 Oktober 2012:

“Jauhilah sifat tamak, karena sifat itulah yang mengeluarkan Adam dari Surga, padahal Allah telah menempatkan Adam di Surga yang luasnya seluas langit dan bumi, ia makan dari berbagai macam tumbuhan yang ada di Surga kecuali satu pohon yang Allah melarang untuk memakan buahnya, akan tetapi karena tamak, maka Adam memakan buah dari pohon terlarang itu, maka Allah mengeluarkannya dari Surga.” (Aun bin Abdullah)

05 Oktober 2012″
“Diantara tanda berpalingnya Allah Subhanahu Wata’ala dari seorang hamba adalah Allah menjadikan kesibukannya pada hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.” (Hasan Al Bashri)

15 Oktober 2012:

“Barangsiapa terbiasa memanjangkan shalat malam (dengan memanjangkan bacaan al-Qur’an ketika berdiri dalam shalat), maka ia akan merasa ringan ketika harus lama berdiri pada Hari Kiamat kelak.” (Hassan bin Athiyyah)

16 Oktober 2012:

“Wahai Anakku, apabila Engkau akan mengerjakan shalat, maka shalatlah seperti shalatnya orang yang akan meninggalkan dunia ini, janganlah Engkau mengira bahwa Engkau akan kembali lagi ke dunia ini. Dan ketahuilah Wahai Anakku, sesungguhnya seorang mukmin itu meninggal dunia diantara dua kebaikan ; kebaikan yang telah ia kerjakan dan kebaikan yang akan ia kerjakan.” (Muadz bin Jabal)

18 Oktober 2012:

“Harta memiliki tiga tabiat. Jika seseorang selamat dari satu tabiat, maka belum tentu ia selamat dari dua tabiat lainnya. Dan jika ia selamat dari dua tabiat, maka belum tentu ia selamat dari tabiat ke tiga. Harta haruslah berasal dari sumber yang baik. Siapa diantara kalian yang pekerjaannya selamat dari dosa, sehingga ia tidak mendapatkan penghasilan selain dari yang baik? Apabila seseorang selamat dari tabiat ini, maka ia harus menunaikan hak-hak yang ada di dalam harta. Dan apabila ia juga selamat dari tabiat ini, maka ia tidak boleh membelanjakanya dengan boros ataupun terlalu kikir.” (Maimun bin Mahran)

19 Oktober 2012:

“Menunda-nunda perbuatan baik adalah salah satu tentara diantara bala tentara Iblis yang telah berhasil membinasakan orang banya.” (Abu al-Jald)

20 Oktober 2012 (My graduation day):

“Bertakwalah kepada Allah dan carilah rejeki yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu dengan cara yang halal, karena sesungguhnya jika Anda mencarinya dengan cara yang tidak halal maka Anda tidak akan mendapatkan melebihi apa yang telah ditakdirkan untukmu.” (Muhammad bin Sirin)

22 Oktober 2012:

“Semoga Allah merahmati seorang hamba yang merenung sejenak sebelum melakukan suatu amalan. Jika niatnya adalah karena Allah, maka ia melakukannya. Tapi jika niatnya bukan karena Allah maka ia mengurungkannya.” (al-Hasan)

28 Oktober 2012:

“Salah satu bentuk kelalaianmu terhadap dirimu sendiri adalah Anda berpaling dari Allah, yaitu saat Anda melihat sesuatu yang dimurkai oleh-Nya, lalu Anda berlalu begitu saja tanpa melakukan amar ma’ruf nahi munkar karena takut kepada orang yang tidak bisa memberikan manfaat maupun mudharat bagi Anda.” (Abu Abdurrahman al-‘Umari az-Zahid)

30 Oktober 2012:

“Jangan berikan ilmu Anda kepada orang yang tidak mau menuntutnya. Jangan Anda tebarkan mutiara kepada orang yang tidak mau mengambilnya. Dan jangan gelar dagangan Anda di hadapan orang yang akan menghancurkannya.” (Yazid bin Maisaroh)

14 November 2012:

“Apa pendapat Anda bila ada seseorang yang pakaiannya terkena air kencing, lalu ia hendak mensucikannya dengan air kencing pula? Mungkinkah air kencing itu dapat mensucikannya? Tentu saja tidak! Kotoran tidak dapat disucikan kecuali dengan sesuatu yang suci. Begitu pula halnya keburukan yang pernah kita lakukan, tidak akan dapat terhapus kecuali dengan memperbanyak melakukan kebaikan.” (Sufyan ats-Tsauri)

17 November 2012:

“Aku belum pernah melihat orang yang paling lama bersedih daripada al-Hasan. Ia berkata, kita tertawa, sementara bisa jadi Allah yang telah melihat amal-amal yang telah kita perbuat berfirman, ‘Aku tidak mau menerima amal-amal kalian sedikitpun.” (Yunus bin ‘Ubaid)

02 Januari 2013:

“Dunia ini adalah perhiasan dan seindah-indah perhiasan adalah wanita solehah.” (HR Muslim)

03 Januari 2013:

“Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kamu juga tidak memandang kepada harta kamu, akan tetapi Allah melihat kepada hati dan amalan kamu.” (HR Muslim)

07 Januari 2013:
“Kata-kata yang lemah dan beradab dapat melembutkan hati dan manusia yang keras.” (Hamka)

10 Januari 2013:

“Bahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya, menjadi kusir untuk nafsunya dan menjadi nakhkoda untuk bahtera hidupnya.” (Ali)

28 Januari 2013:

“Apabila akhirat ada dalam hati, maka akan datanglah dunia menemaninya. Tapi apabila dunia ada di hati maka akhirat tidaklah akan menemaninya. Itu karena akhirat mulia dan dermawan, sedangkan dunia adalah hina.” (Abu Sulaiman Ad Daroni)

20 Februari 2013:

“Siapa yang menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat.” (HR Muslim)

27 Maret 2013:

“Dua perkara yang memutuskanku dari menikmati kesenangan dunia : (1) mengingat kematian dan (2) memikirkan keadaanku saat berdiri di hadapan Allah untuk mempertanggungjawabkan amalanku ketika di dunia.” (Ibrahim at-Taimi)

30 Maret 2013:

“Kebaikan menghidupkan cahaya dalam hati dan kekuatan dalam beramal. Sedangkan keburukan menyebabkan kegelapan dalam hati dan kelemahan dalam beramal.” (al-Mu’tamir bin Sulaiman at-Taimi)

31 Maret 2013:

“Barangsiapa menasihati saudaranya secara rahasia, maka ia telah menasihatinya dan menghiasinya. Dan barangsiapa yang menasihati saudaranya secara terang-terangan (di hadapan orang banyak), maka ia telah mencemarkan nama baiknya dan mengkhianatinya.” (Imam asy-Syafi’i)

28 Mei 2013:

“Iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang. Ketika kita (banyak) mengingat Allah, kita menjadi takut kepada-Nya, (kita laksanakan perintah-Nya dan kita tinggalkan larangan-Nya) maka pada saat itulah iman kita bertambah. Dan apabila kita lalai dari mengingat Allah, kita lupa akan (surga dan neraka)-Nya, kita sia-siakan (perintah dan larangan)-Nya, maka pada saat itulah iman kita berkurang.” (‘Umair bin Khumasyah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s