Refleksi perjalanan hidup (dibuat setelah tinggal di site selama 5 bulan)

10441-life-is-truly-reflection-of-what-we-allow-ourselves-to-seeLima bulan sudah merasakan kehidupan tinggal di site tambang. Banyak pelajaran yang di dapatkan. Pengen share sedikit hasil refleksi pribadi yang di alami selama hidup. Apalagi sebulan yang lalu baru dapat materi “Personal Effectiveness Development”. Berikut beberapa hal di antaranya:

  • Hidup itu tidak hanya untuk diri kita sendiri. Karena sebuah kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh pribadi ini. Kita dilahirkan di dunia, di antara sekian miliyar orang, tentunya Tuhan punya maksud tertentu. Kita tidak diminta untuk masuk surga sendirian, tapi kita diminta apakah setiap energi positif yang dapat membuat kita masuk surga, bisa juga membuat orang lain ikut bersama kita. Itulah yang dimaksud dengan bagaimana cara kita untuk memperbesar lingkaran pengaruh lewat energi positif. Pengaruh itu tentunya harus membuat paradigma-paradigma sesat yang ada di sekitar kita menjadi hilang tak ada sisanya. Karena paradigma itulah yang membuat kita dan orang lain menjadi orang yang menyerah terhadap keadaan.
  • Tidak perlu harus menunggu orang lain dalam memberikan pengaruh positif. Tetapi mulailah dari diri kita masing-masing.
  • Jika kita punya mimpi atau misi pribadi, mulailah untuk merumuskan sejak awal. Karena itu akan menjadi pijakan dasar bagi kita dalam menuju kesuksesan. Atur waktunya, buat rencana tindakan, dan jalankan sesuai jadwalnya. Jika diperlukan, bisa juga kita melihat seorang tokoh yang kesuksesannya hampir serupa dengan misi pribadi kita. Jadikan dia contoh untuk menuju gerbang kesuksesan. Tiru sikap positifnya dan buang sikap negatifnya.
  • Tempatkan emosi pada porsi yang sesuai. Dimana kita harus marah dan saat kapan kita harus tenang. Eliminasi tindakan over-reactive dan gantikan dengan tindakan yang reasonable.
  • Terakhir adalah selalu jaga sikap positif kita dalam berhubungan dengan orang lain. Berbicara dengan sopan dan jadilah orang yang menyenangkan.

Sebenarnya apa yang dituliskan di atas, setiap orang punya masing-masing. Tinggal bagaimana kita membuat refleksi itu menjadi bahan evaluasi dan penambah semangat kedepannya dalam mencapai kesuksesan. Maaf kalo banyak kata-kata yang kurang berkenan. Maklum, baru mencoba untuk menulis dengan bahasa psikologi. Semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s