Air Putih 8 gelas sehari? Why?

Minum-air-putih-dapat-menjaga-kesehatan-diri-kita-fotodwiBeberapa pekan terakhir ini, saya mendengar 2 kabar yang juga menjadi pengingat buat saya untuk selalu menjaga kesehatan. Pertama, sekitar 2 pekan yang lalu saya mendengar ada seorang mahasiswa di kampus saya yang meninggal karena ada masalah di salah satu organ tubuhnya yaitu ginjal. Innalillahi wainnailaihirojiun. Semoga mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya. Kedua, baru kemaren saat saya ada acara buka bersama dengan teman-teman seangkatan, saya dengar kabar bahwa salah satu dosen saya saat ini sedang sakit ginjal. Allahu Akbar, Allah memang Maha Besar. Mendapatkan kabar yang waktunya berdekatan dan keduanya tentang masalah kesehatan. Alhamdulillah, sudah diingatkan lagi diri ini tentang kesehatan.

Kedua kabar di atas, ada hubungannya dengan sakit ginjal. Sedikit membahas tentang salah satu fungsi organ ini, yaitu menyaring darah agar terhindar dari racun-racun yang membahayakan bagi tubuh. Nah, jika darah kental maka kerja ginjal akan semakin berat. Mengutip beberapa kalimat di postingan sebelumnya, ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah.

Sekarang hubungannya dengan air apa? Ternyata air putih ini dapat membantu kerja ginjal menjadi lebih mudah dan lancar. Seseorang yang asupan air putih nya ke dalam tubuh terpenuhi secara normal, maka ini akan membuat darah yang disaring pada ginjal akan semakin mudah. Karena air putih ini akan membuat darah menjadi encer. Kecukupan mengkonsumsi air putih akan membantu tubuh lebih mudah dalam mengeluarkan racun serta zat-zat yang tidak berguna dalam metabolisme tubuh. Itulah sebabnya kenapa kita harus minur air putih setidaknya 8 gelas per hari (@gelas: 200 ml).

Jika kita mengerti komposisi tubuh kita sebagai seorang manusia, 70% dari tubuh adalah zat cair. Kita bisa bertahan hidup jika tidak makan dalam sepekan, bahkan ada beberapa orang yang bisa hidup sebulan tanpa makan. Tapi kita tidak bisa hidup tanpa asupan air lebih dari 3 hari. Mungkin ada beberapa orang juga yang jika tidak minum dalam sehari, kondisi tubuhnya akan sangat lemah.

Sekarang seharusnya kita sudah paham mengapa asupan air dalam tubuh kita harus terpenuhi setiap hari. Tidak perlu bingung memikirkan caranya. Kita tinggal buat jadwal minumnya saja. Sedikit sharing jadwal minum saya. Bangun tidur 1 gelas, sarapan 1 gelas, jam 10.00 siang 1 gelas, makan siang 2 gelas,  sore hari 2 gelas, makan malam 2 gelas, dan sebelum tidur 1 gelas. Sederhana kan jadwalnya? Tinggal bagaimana kita saja, ingin sehat atau tidak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih😀

Sumber: Data dan Foto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s