22 tahun (dari masa ke masa)

imagesAlhamdulillah, hari ini bertepatan dengan hari dimana saya dilahirkan sekitar 22 tahun yang lalu. Banyak hal yang sudah di alami, semuanya telah tersimpan dalam memori hidup yang akan selalu menjadi kenangan. Ingat-ingat masa ke masa selama 22 tahun, pengen deh nulis tentang ini.

0 – 5 tahun

Usia balita yang semua orang tua berharap anaknya tumbuh sehat. Di masa kurang lebih lima tahun ini, hal yang paling saya ingat adalah hari dimana saya mulai masuk sekolah taman kanak-kanak. Yah seperti biasa, bermain adalah kegiatan utama di masa ini. Tapi ternyata saya gak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru itu. Saya pun hanya berdiri di pojokan sambil menatap teman-teman lain yang asik bermain. Karena merasa aneh dengan hari pertama itu, keesokan harinya saya gak mau lagi sekolah. Makanya saya itu masa TK-nya hanya sehari.😀

5 – 11 tahun

Saatnya masuk masa SD. Alhamdulillah dijalani dengan waktu normal, yaitu 6 tahun. Masa SD ini, ada beberapa pengalaman yang cukup lucu. Ada pengalaman berantem sama teman cewek, ada juga main-main lompat tali, dan ada juga pengalaman makan nasi kuning setiap istrahat jam pelajaran. Nah ini dia nih yang lucu. Jadi setiap bel istrahat bunyi, saya sama teman-teman lomba lari sampe kantin agar dapat nasi kuningnya. Sebenarnya gak akan habis nasi kuningnya, tapi mau ngambil yang banyak. Namanya juga masih anak-anak, lucu ya? Kalo masalah prestasi, ya Alhamdulillah bisa dibilang bagus. Karena selama SD, saya gak pernah keluar dari 5 besar juara kelas. Pamer banget sih, hahahaha.

11 – 14 tahun

Tibalah masa SMP yang dilalui selama 3 tahun. Ini dapat teman-teman baru juga nih. Mulai dari ujung kecamatan, sampe ujung kecamatan yang satunya lagi. Bagaimana tidak, secara SMP saya kan SMP terbaik se-Kecamatan. Hahahaha.. Masa SMP ini bisa dibilang masa-masa kelam. Pernah jalan-jalan berdua sama teman cewek padahal bukan mahrom. Di masa ini juga sering ngeluarin kata-kata kotor dari mulut ini. Pokoknya masa-masa kelam deh. Tapi ada asyiknya juga. Misal, saya ternyata bisa jadi siswa yang selalu ngelatih adik-adik tingkat untuk jadi petugas upacara. Kalo ada yang salah saat pengibaran bendera pun, saya selalu lari untuk memperbaikinya. Terutama saat benderanya kebalik jadi putih merah. Trs apalagi ya? Ow iya, prestasi di SMP Alhamdulillah bisa dibilang sangat bagus. Selama 3 tahun juga selalu dapat juara 2 di kelas (dari kelas 1-3 saya selalu masuk kelas A, yang katanya kumpulan orang-orang berprestasi). Pernah juga jadi perwakilan kabupaten di Olimpiade MIPA tingkat provinsi. Alhamdulillah

14 – 17 tahun

Masuk deh ke masa SMA. Alhamdulillah bisa masuk salah satu sekolahnya Pak Habibi, MAN Insan Cendekia Gorontalo. Ada adegan yang memalukan juga disini. Jadi sekolah ini kan peraturannya pokoknya sangat ketat. Berlandaskan IPTEK dan IMTAQ, jadi udah kepikiran lah yah yang namanya ikhwan dan akhwat tidak boleh bersentuhan apalagi pegangan. Ini gara-gara kebiasaan di SMP, saya pernah secara gak sadar pegang tangannta salah satu akhwat. Terus dia langsung marah gitu. Astagfirullah, karena saya juga kaget, saya langsung minta maaf. Alhamdulillah kejadian ini membuat saya semakin tahu hubungan yang harus dijaga antara ikhwan dan akhwat. Beberapa hal yang saya ingat di masa SMA ini adalah (1) Kamar saya pernah 2X secara berturut-turut mendapat predikat kamar terbersih. (2) Pernah jadi pengibar bendera terbaik. (3)Pernah dapat nilai 100 di mata pelajaran Bahasa Arab. (4) Pernah punya beberapa teman yang cukup dekat, mungkin bisa dibilang sahabat. (5) Pernah ketemu Kepala Sekolah karena ada masalah dengan salah satu guru. (6) Pernah mendapat juara 2 umum saat kelas 2, dan sebagainya. Yah bisa dibilang, masa ini adalah masa pembentukan karakter yang sangat berpengaruh dalam hidup saya. Banyak ilmu-ilmu agama islam yang saya dapat, mulai dari fiqih, quran hadits, sejarah kebudayaan islam, aqidah akhlak, tahsin, tahfidz, dan belajar bahasa arab. Alhamdulillahirabbil’alamin. Masa ini ditutup dengan wisuda kelulusan MAN Insan Cendekia Gorontalo, dimana saya juga dikasih penghargaan oleh madrasah ini sebagai wisudawan terbaik.

17 – 21 tahun

4 tahun berikutnya, saatnya menjadi seorang mahasiswa. Alhamdulillah diberikan rezeki untuk kuliah di ITB, tepatnya di jurusan Teknik Geologi. Banyak keluarga baru yang didapat. Mulai dari Gamais ITB, yang selalu ada dalam catatan hidup ini. Keluarga Mahasiswa yang selalu ada dalam hidup ini, tak akan hilang ditelan waktu. Terus ada GEA ITB, teman-teman se-keprof yang selalu saling member bantuan dan memotivasi. Ada keluarga UBT, teman-teman sehobi yang telah mengukir tinta indah dalam buku kehidupan. Dan masih banyak lagi keluarga-keluarga baru yang sulit disebutkan satu persatu. Kalo kejadian yang paling indah selama 4 tahun ini, tentunya detik-detik saat mendapat pengumuman lulus dari dosen penguji saat siding. Apalagi saat foto bersama dengan ortu di hari wisuda, pokoknya gak terbayarkan deh. Kalo kata orang-orang masuk ITB itu susah, keluar dengan jalan yang ‘benar’ jauh lebih susah. Cukup deh di masa ini, karena setelah ada ST di belakang nama saya, saatnya menjadi jobseeker kan. Hehehe

22 tahun

Alhamdulillah hari ini usiaku menjadi 22 tahun. Ada banyak target hidup yang harus dicapai di usia ini. Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar dan tercapai dengan penuh berkah. Banyak doa yang mengalir dari sekian banyak orang. Terima kasih atas semua ucapan dan doanya. Semoga keberkahan selalu menyertai kita semua. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah atas keberkahan dan pertambahan usia ini. Semoga kedepannya tetap berada di jalan-Mu Ya Allah dan tentunya semakin dekat dengan-Mu. Amin Ya Rabb

Begitulah sedikit perjalan hidup selama 22 tahun. Sebenarnya masih banyak yang belum diceritakan, tapi insya Allah itu cukup mewakili. Jzk.khair bagi yang sudah bersedia membacanya.

Leave a Reply

