Kang Aher : Miara Budaya, Miara Warisan Karuhun

Kang Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), sebagai orang nomer satu di jawa barat memiliki perhatian yang tinggi terhadap budaya sunda. Hal ini terbukti salah satunya dari cara beliau dalam menanggapi isu yang menyebutkan bahwa bahasa sunda yang termasuk ke dalam muatan local, berikut dua bahasa daerah lain, akan ditiadakan. Apabila bahasa sunda dihapus dari kurikulum tentu akan menimbulkan kekhawatiran kepada orang sunda bahwa bahasa ini akan terlupakan oleh generasi sunda.

Setelah menanggapi mengenai draft kurikulum 2013 yang meniadakan bahasa sunda dari muatan lokal, maka kang Aher dengan tanggap mengirimkan surat ke menteri pendidikan, mendesak supaya bahasa sunda tetap dimasukan ke dalam muatan lokal. Tindakan gesit kang Aher tersebut menimbulkan kebanggaan dan rasa aman bahwa pemerintah memiliki perhatian yang sangat besar terhadap budaya sunda.

Peran pemerintah, khususnya gubernur, memberikan bukti yang nyata bahwa aspirasi dari masyarakat sunda yang menginginkan bahwa bahasa sunda tetap diajarkan dan diberikan koridor yang jelas sehingga tidak menimbulkan salah persepsi pada saat pengajarannya. Kang AHER sampai akan membuat SK Bahasa Sunda untuk melindungi keberlangsungan pengajaran bahasa sunda di sekolah agar bahasa sunda tetap hidup dan terstruktur. Kang aher memiliki komitmen untuk membuat bahasa sunda selaku bahas ibu jangan sampai kalah pamor dengan bahasa asing.

Kedepannya kita semua percaya bahwa kebudayaan sunda memang bukan hanya bahasa sunda, masih banyak kebudayaan sunda yang lain yang sangat kita banggakan. Namun andaikata bukan kita yang memeliharanya siapa lagi yang akan memeliharanya. Kita bersyukur bahwa pemimpin kita memiliki perhatian yang sangat besar dalam menjaga budaya kita. Semoga kedepannya apa yang tengah diperjuangkan oleh Kang Aher bisa terus menjaga eksistensi budaya kita, budaya sunda. Dalam bahasa sunda, Kang Aher itu orangnya Miara Budaya, Miara Warisan Karuhun.

By: Deris Hendriawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s