Mereka pun tahu

Bismillahirrahmanirrahim

lama tak berjumpa. Kangen juga dengan blog ini.

Mengawali kembalinya saya nulis di blog ini, ingin sedikit bercerita tentang adab berinteraksi dalam islam.

Kemaren sempat jadi panitia Pesantren Kilat anak-anak SD di salah satu daerah di Bandung. Jam 8.00 pagi tepat kami sampai juga di masjidnya. Alhamdulillah hati ini terasa sejuk dan berseri saat melihat wajah anak-anak berumur 10-13 tahun, yang sudah tak sabar lagi untuk mengikuti kegiatannya. Mulailah salah satu kebiasaan saya, yaitu mengambil beberapa gambar dari wajah mereka. Nih salahsatu di antaranya.

Iya, itu wajah2 mereka yang cukup unik. Alhamdulillah, ternyata mereka sangat antusias sepanjang kegiatannya.

Tapi ada satu hal yang membuat saya cukup terkejut dan sangat bersyukur. Ternyata kelompok yang saya pegang, dimana anak laki-laki dan perempuan gabung jadi satu, tidak pernah mau untuk duduk berdekatan. Subahanallah, terlepas dari mereka mengerti atau tidak, tapi mereka sudah mencontohkan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah, yaitu tidak boleh menyentuh lawan jenis yang bukan mahram. Bahkan untuk mengerjakan tugas kelompok pun mereka tidak ingin berdekatan, tapi alhamdulillah tugasnya selesai (gambar bawah).

Sedikit terkejut tapi juga bersyukur, karena mereka pun tahu akan hal ini. Umur mereka yang masih terbilang sangat muda, sudah mengetahui hal-hal seperti ini. Di satu sisi ini merupakan teguran juga buat saya, apakah selama ini saya masih menjaga aturan-aturan itu. Disisi lain saya sangat bersyukur karena anak-anak ini sudah sangat mengerti akan aturan-aturan interaksi dengan lawan jenis. Semoga saja ini menjadi tanda bahwa kedepannya pemuda islam akan semakin baik lagi. Semangat untuk memperjuangkan nama islam dengan tidak menyalahi aturan-aturan yang sudah ada. Wallahu’alam bishawab

One thought on “Mereka pun tahu

Leave a Reply

