Sabar dan Syukur

Membersihkan diri dari segala kesalahan-kesalahan adalah salah satu hal yang sebaiknya kita lakukan. Caranya mungkin belum terpikirkan oleh kita, padahal sangat banyak yang bisa kita lakukan. Salah satu cara  membersihkan diri adalah selalu bersabar dan bersyukur terhadap semua yang terjadi dalam hidup ini. Apapun itu masalahnya, solusinya tetap ada koq.  Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah kita bisa sabar dan bersyukur gak?

Contohnya orang yang sedang sakit tidak perlu takut akan penyakitnya, selama ia selalu bersabar dan bersyukur serta menjaga sholatnya. Apalagi dibalik sakit itu terdapat hikmah dan pelajaran bagi siapapun yang mau memikirkan-nya. Salah satu hikmahnya adalah mendidik dan menyucikan jiwa dari keburukan. Harus kita ingat bahwa setiap musibah yang kita dapat sebenarnya penyebabnya berasal dari diri kita. Tapi dengan musibah itu juga, insya Allah kesalahan-kesalahan kita akan diampuni dengan semua itu. Seperti janji Allah dalam QS Asy-Syura: 30 yang artinya: ” Dan musibah apapun yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri,dan allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)”. Jadi kenapa kita harus mengeluh jika musibah, ujian, dan cobaan lainnya menghampiri diri kita? Bersabarlah dan bersyukurlah, insya Allah semuanya akan terasa lebih tenang dan berakhir bahagia. Tentunya kedua hal itu disertai dengan menjaga sholat kita

Hikmah lainnya adalah mendapatkan kebahagiaan (pahala) tak terhingga di akhirat. Mungkin bahagia-nya gak sekarang, tapi nanti. Saat semua manusia dikumpulkan di suatu padang yang sangat luas.

Ternyata bagi sebagian orang, sakit itu merupakan rahmat bukan siksa. Kalo kata saya: “Yap, gw setuju banget dengan kalimat itu. Sakit adalah rahmat bukan siksa.” Untuk apa masih ragu kalo dalam kitab-Nya (QS. an Nisa:147 – “Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui “), Allah telah menyatakan seperti itu.

Mungkin masih banyak di antara kita yang  belum mengenal Allah dan hikmah-Nya secara mendalam. Tapi gak ada kata terlambat koq untuk belajar mengenal-Nya mulai dari sekarang. Kita bersabar dari semua masalah, musibah, dan cobaan-Nya saja sudah termasuk belajar mengenal-Nya. Mensyukuri akan semua hal yang terjadi dalam hidup kita pun termasuk bagian dari mengenal-Nya. Apalagi ditambah dengan selalu menjaga salah satu kewajiban kita, yaitu sholat. Wah, bahagia-lah diri ini. Hidup akan terasa lebih nyaman dan penuh kebaikan karena selalu mengingat-Nya. Pribadi akan terasa lebih tenang dan harmonis. Rasa cinta kepada-Nya semakin tumbuh, serta hal-hal terbaik lainnya yang nantinya akan kita dapatkan.

Kalo sudah tw seperti ini manfaat dari bersyukur dan bersabar, apa kita masih ragu untuk selalu membesihkan diri? Atau masih ragu dan takut akan semua cobaan, masalah, dan ujian yang Dia berikan? Lakukan saja dari hal-hal yang kecil. Selipkan rasa kesabaran dan syukur dalam setiap aktivitas kita. Insya Allah itu semuanya akan dicatat menjadi suatu kebaikan yang sudah kita lakukan. Apalagi jika kita bisa menebarnya ke saudara dan teman-teman kita dengan cara selalu saling mengingatkan. Saling mengingatkan dalam kebaikan dan saling mengingatkan dalam kesabaran. Keren kan kalo diantara kita semua bisa saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran. Seperti firman Allah dalam QS. Al-Ashr : 3 – “…saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Yuk sama-sama kita terapkan dalam setiap detik aktivitas kita rasa sabar dan syukur akan semua cobaan dan nikmat-Nya. Gak akan rugi koq. Justru sebaliknya, insya Allah keuntungan yang akan kita dapatkan yaitu kebahagiaan di akhirat. So, jadi makin semangat nih untuk selalu bersabar dan bersyukur.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s