Amalan kita memudar…

Detik berganti detik, menit berganti menit, jam berganti jam, hingga hari berganti hari…

Hidup ini bagaikan roda yang terus berjalan, tidak pernah bisa kembali. Kadang dia berjalan dengn lancarnya, tapi sering dia menemui halangan yang membuat jalannya menjadi rumit dan sulit. Itulah sedikit pengantar yang insya Allah bisa mengingatkan kita kembali.

Kawan, terkadang kita lupa dengan segala hal yang kita buat setiap harinya. Terkadang kita lupa apakah hari ini kita telah berbuat baik kepada orang lain. Apakah hari ini kita telah berbuat kesalahan kepada orang lain. Bahkan kita pun lupa apakah hari ini kita sudah melaksanakan ibadah kita kepada Allah atau belum.

Sahabatku, kejadian-kejadian yang kita tidak inginkan, seperti ketabrak mobil, laptop hilang, sepatu hilang, nilai UTS jeblok, dan masih banyak hal lainnya, adalah ketetapan Allah SWT. Walaupun kita sudah melakukan usaha yang terbaik bahkan mengorbankan semua waktu kita untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Begitu pun halnya dengan da’wah kawan, semua usaha terbaik yang kita lakukan untuk menegakkan islam di muka bumi ini, tidak bisa menjamin bahwa nantinya semua orang akan menjadi baik. Bisa saja kemungkinan kegagalan itu datang, jauh lebih besar daripada keberhasilan. Karena yang namanya ketetapan baik dan buruk adalah kehendak Allah semata. Jika Allah berkehendak, maka semuanya pasti terjadi.

Ingat kawanku, kita jangan pernah lupa bahwa setiap kegagalan yang kita dapatkan dalam hidup ini, kemungkinan besar disebabkan oleh kita sendiri. Cobalah mengintrospeksi diri kita masing-masing. Apa yang membuat kegagalan itu datang kepada kita. Bisa jadi ini adalah teguran dari Allah SWT, karena kita menjadi kurang dekat dengan-Nya dan hanya mengandalkan usaha kita. Atau kita telah lupa bahwa usaha tanpa doa adalah sebuah kesombongan yang sangat dibenci oleh Allah SWT? Jika ini sedang terjadi dalam diri kita, maka khawatirlah kawan bahwa saat ini aspek ruhiyah kita sedang dalam masalah.

Kawan, aspek ruhiyah adalah suatu kesadaran kita akan eksistensi Allah SWT serta sifat-sifatnya dan keterkaitannya. Bahkan hubungan seseorang dengan Allah SWT dapat dilihat dari aspek ini. Dalam sebuah keberhasilan ataupun kegagalan, aspek ini ikut berpengaruh. Dimana kedekatan kita terhadap Allah SWT akan tercermin dalam aspek ini. Seseorang yang dekat dengan Allah akan memiliki aspek ruhiyah yang bagus serta cenderung selalu berhasil dalam setiap usahanya. Begitupun sebaliknya, keseharian kita yang jauh dari Allah akan tergambarkan dalam aspek ruhiyah kita. Kecenderungan akan kegagalan pun akan sering bersama kita jika aspek ini terabaikan. Semua usaha yang telah kita lakukan akan sia-sia belaka jika hal ini terlupakan. Maka janganlah kita diam dan berhenti dalam keadaan ini. Bangun dan sadarlah kawan. Ubahlah sikap kita yang terlalu memandang rendah hal-hal seperti ini. Walaupun kelihatannya ini sebuah hal yang kecil, tapi ini bisa menjadi kunci utama dari sebuah keberhasilan.

Saudaraku,

Jika saat ini kita sering mendapatkan nilai yang jelek dalam kuliah kita,

Jika saat ini tubuh kita sering lelah dan malas dalam menjalankan da’wah,

Jika saat ini kita sering mengeluh dengan banyaknya tugas dan amanah yang kita pegang,

Bahkan jika saat ini kita sering marah dan tidak sabar dalam keseharian kita,

sadarilah bahwa saat ini amalan kita sedang memudar…

Semoga ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu melibatkan Allah SWT dalam setiap detik pergerakan kita. . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s