Indahnya senyuman

Bro, sis, islam itu mudah gak sih? Islam itu indah gak sih?

Ada yang bisa jawab gak? Kalo gak ada, saya akan coba berbagi sepengetahuan saya islam itu seperti apa.

Suatu hari ada seorang anak kecil yang sedang berjalan sendirian, sebut saja namanya rafa. Wajahnya yang begitu manis dan hangat seolah-olah memancarkan cahaya yang begitu terang. Dengan memakai celana panjang dan kaos yang sederhana, dia berjalan menyusuri trotoar jalan yang cukup buat 3 orang. Sambil berjalan, tidak lupa Rafa menampakkan senyumannya yang begitu manis dan enak dipandang mata. Langkah-langkahnya begitu tegas dengan tatapan mata kedepan, seolah-olah ada sesuatu yang ingin dia capai. Setiap dia ketemu orang lain, dia selalu tersenyum. Semua orang yang melihat senyumannya memberikan senyuman balik kepadanya. Hingga suatu saat, ada seorang mahasiswa yang bertanya kepadanya,

Mahasiswa: dek, kenapa kamu selalu tersenyum setiap ketemu orang?

Rafa: Agar saya bisa membuat orang lain bahagia.

Jawabannya sederhana, singkat, dan jelas. Tapi makna yang terkandung sangat mendalam.

Mahasiswa itu pun berlalu begitu saja sambil memikirkan jawaban Rafa. Dia mencari-cari makna dari jawaban Rafa dalam sebuah buku. Hal yang dia dapatkan seperti ini.

Bila ikhlas dengan senyuman:
membahagiakan,
mengurangi beban,
menambah harapan,
memperlambat penuaan,
mengurangi kekhawatiran,
menambah kawan,
mengurangi lawan,
menjaga kesehatan

Maknanya begitu mendalam. Tanpa dia sadari, air matanya menetes. Dia pun berkeinginan untuk menemui Rafa keesokan harinya di tempat yang sama. Sayangnya, dia tidak berhasil. Akhirnya dia pun kembali ke rumahnya dengan selalu mengingat apa yang dikatakan Rafa. Dalam kesehariannya setelah hari itu, dia mulai menerapkan apa yang dilakukan Rafa, yaitu tersenyum. Hatinya pun merasa lebih tenang dan hidupnya terasa lebih damai. Jika sebelumnya dia jarang melakukan kewajibannya sebagai seorang hamba, sejak kejadian itu, dia menjadi lebih loyal kepada yang menciptakannya.

Gini teman-teman, terkadang dalam hidup kita, terasa susah untuk memberikan satu senyuman kepada orang lain. Padahal senyuman itu adalah satu hal yang mudah dan indah yang bisa kita lakukan ke orang lain.  Bisa saja melalui senyuman kita, seseorang akan menjadi lebih tenang bahkan sedikit demi sedikit untuk berubah ke arah yang lebih baik sesuai ajaran-ajaran islam. Dalam islam pun demikian. Rasulullah SAW bersabda bahwa anak keturunan Adam memiliki kewajiban untuk bersedekah setiap harinya sejak matahari mulai terbit. Seorang sahabat yang tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan bertanya, “Jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apa pun, lantas apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana kami menyedekahkannya?” Rasulullah SAW bersabda, “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah… (HR. Tirmizi dan Abu Dzar).

Senyuman mungkin hanya contoh yang sangat kecil yang bisa kita ambil untuk menggambarkan bahwa islam itu mudah dan indah. Sebenarnya masih banyak contoh lain, seperti ketika kita tidur, ingin makan, ingin mandi, bahkan ketika saudara kita bersin pun, islam mengaturnya secara sederhana. Islam pun tidak pernah memberatkan kita dalam segala hal. Kecuali kitalah yang selalu mempersulit diri kita sendiri dalam memahami islam. Jadi, untuk apa kita harus takut dengan islam? Islam bukanlah agama ekstrim, tetapi islam adalah agama yang  mudah dan indah,  yang bisa membuat kita menemukan yang namanya kebahagiaan yang kekal.

Berbuatlah yang benar, berkatalah yang baik , berilah kabar gembira , dan mintalah pertolongan ALLAH SWT

2 thoughts on “Indahnya senyuman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s